“PERGERAKAN AKTIVIS MENYAMPAIKAN KEBENARAN AKAN KEADILAN”



Dimana aktivis di tanamkan karakter dalam membuat perubahan di masyarakat. Pemimpin itu orang yang perduli dan memikirkan permasalaan orang lain. Dimana para aktivis harus menjadi pemimpin, dimana keiklasan dalam setiap tujuan, selama niat dan tujuan pemimpin yang baik hasilnya akan baik. Aktivis harus bertanggung jawab serta berkomunikasi yang baik.

Gerakan aktivis saat ini membangun kaderisasi kepemimpinan. Kaderisasi dan kepemimpinan membuat dan menginplementasikan pola kaderisasi dan kepemimpinan. Yang mana kaderisasi adalah proses mempersiapkan pengganti dimasa depan yang akan memikul tanggung jawab penting dan besar dalam lingkupan suatu organisasi. Adanya penolakan dari anggota kelompok yang menghendaki pergantian kepemimpinan baik wajar maupun tidak.

Dimana Aktivis hari ini, pemimpin hari ini, dimana masalah yang terjadi di Negara dapat meresahkan masyarakat. Disinilah peran aktivis memperjuangkan hak rakyat. Dan menjadi wakil rakyat untuk menyampaikan aspirasinya.

Aktivis mampu untuk mengontrol keadaan Negara bukan sekedar mengkritik tapi juga memberikan kontribusi riil untuk perubahan yang baik. Sebagai kaum intelektual aktivis harus bersikap berani kritis, berani untuk medobrak zaman kearah kemajuan dan kritis terhadap kebijakan para pemegang roda pemerintahan.

Aktivis bukan hanya menyampaikan aspirasi mereka. Beban dan tanggung jawab menjadi aktivis sangatla besar. Dimana aktivis harus berani menyampaikan kebenaran tanpa menutupi kebohongan, selalu mencari akan keadilan, sehingga semua harapan rakyat dan juga janji manis para aktivis yang selalu berkoar dengan gigih demi kesejahteraan atas nama rakyat dan bisa terealisasikan, bukan hanya sekedar omong kosong belaka. Namun, itu semua hanya menjadi label yang hampa tanpa makna jika mahasiswa tidak mampu memberikan perubahan yang signifikan bagi masyarakat dan Negara.

Aktivis adalah harapan suatu bangsa agar bisa  berubah kearah yang lebih baik. Hal ini dikarenakan Mahasiswa dianggap memiliki intelektual yang cukup bagus dan cara berfikir yang lebih matang, sehingga diharapkan mereka dapat menjadi jembatan antara rakyat dan pemerintah. Dan aktivis jugas diupayakan agar mampu mengkritik dan memberi solusi jika keadaan sosial bangsa sudah tidak sesuai dengan cita-cita dan tujuan bangsa memiliki kepekaan, keperdulian dan kontribusi nyata terhadap masyarakat sekitar tentang kondisi yang teraktual Asumsi yang kita harapkan dengan perubahan sosial masyarakat tentu akan berimbas pada perubahan bangsa.

Aktivis sebagai tulang punggung bangsa di masa depan aktivis diharapkan menjadi manusia yang tangguh yang memiliki kemampuan dan akhlak mulia yang nantinya akan menggantikan generasinya sebelumnya di pemerintah kelak. Dengan hadirnya para aktivis ditengah masyarakat sebagai penyambung lidah maka segala aspirasi masyarakat antara pemerintah menjadi tolak ukur terpenting demi tujuan bangsa dan Negara. Dan aktivis hari ini adalah pemimpin masa depan.


penulis : Ramlan (Anggota PMII Rayon Sunan Bonang 2019)
editor : MUCHLISIN
sumber poto : pamflet follow up MAPABA kelompok-13

Comments

Popular Posts